Senin, 11 April 2011

Sejarah Diri di Facebook (FB)

Inspirasi dari berbagai macam karakter semua orang di FB. Memperhatikan, mengamati lalu bisa menyimpulkan profile teman km bagaimana. Profile yang terbentuk dari foto2 yang dipasang, info, note juga video. Lainnya pasti dari karakter status juga komen-komen mereka.

Apa pun juga bagaimana pun karakter mereka adanya, mereka telah membuat sejarah diri.

Mari kita definisikan dahulu 'sejarah diri di FB'
Sejarah (menurut saya yang gak pernah dapet nilai 8 waktu SD) adalah semua situasi, kejadian, perbuatan pada waktu telah lalu.
Diri adalah diri kita sendiri.
Jadi Sejarah Diri di Facebook (FB)adalah apa yang telah diri kita sendiri lakukan / perbuat di FB.

Coba kalian lihat foto-foto lama anda yang tersusun dalam album keluarga. Kita bisa melihat bagaimana waktu kecil dahulu. Lihat juga rapor SD kita yang mungkin masih tertumpuk di gudang, kita bisa melihat mata pelajaran dan nilai yang pernah kita dapatkan. Juga kita bisa kotak kenangan dan melihat dairi yang pernah kita tulis atau mungkin foto-foto mantan pacar (jadi terbayang duee...)

Dalam banyak hal sejarah diri kita terukir, termasuk dalam dunia maya. Dalam dunia maya ini ada dalam account kita punya di berbagai situs. Dari dahulu paling bisa kita di Blogger ini, tp kini jaman semakin maju orang semakin pinter jadi banyak situs pribadi juga situs jejaring sosial.

Tetapi mari kita bahas Facebook ya :)

Keistimewaan jejaring sosial ini dibanding Blog atau juaga situs pribadi adalah interaksi yang terjadi dengan orang lain bisa lebih dari frekuensi, intensitas maupun kualitasnya.

Coba kamu buka foto-foto, note-note, video-video, page-page pokonye semuanya dan liat link / tag-nya ke temen-temen kamu. Kamu akan meliahat sejarah diri kamu disana, bagaimana kamu disaat dahulu itu, apakah sejarah itu pahit atau menyenangkan, dengan siapa sejarah itu adanya... Kenangan bukan :)

Kamu juga bisa melihat sejarah teman-kamu di FB dengan juga melihat item profile mereka dan link / tag-nya ke kita.

Sejarah itu akan terukir jelas terbuka atau sedikit tergantung pada karakter kalian. Bahkan ada yang sangat sedikit sekali mencatat sejarahnya di FB karena karakter yang sangat private / tertutup. Emang hak masing-masing indifidu dengan alasan meraka namun hal ini sangat saya sayangkan.

Suatu saat di kemudian hari saya akan membuka kenangan... Mungkin tuk sekedar melihat namun kenangan adalah warna dalam hidup. Warnanya bisa gelap, terang atau buram ku akan tersenyum...

Tidak ada komentar: